Bagaimana coronavirus mengubah dunia? – Parlia diluncurkan untuk membantu Anda mengetahuinya

Bagaimana coronavirus mengubah dunia? – Parlia diluncurkan untuk membantu Anda mengetahuinya

 

 

Bagaimana coronavirus mengubah dunia - Parlia diluncurkan untuk membantu Anda mengetahuinya

Bagaimana coronavirus mengubah dunia – Parlia diluncurkan untuk membantu Anda mengetahuinya

“ Apakah Greta Thunberg munafik? ”Google frasa itu dan Anda akan mendapatkan ribuan hasil. Ini hanya menunjukkan bahwa, sebagian besar, model “T&J” rusak di internet. Di mana dulu Yahoo Answers dan Quora dianggap sebagai hal-hal muda yang cemerlang dari “Baca / Tulis Web” Web 2.0, hari ini hanya ada kekacauan hasil segudang pencarian. Mari kita hadapi itu, banyak yang mencoba untuk benar-benar memecahkan T&J ( ingat “Mahalo”? ), Tetapi hanya sedikit yang pernah sangat jauh – dan sebagian besar menjadi situs zombie.

Tapi lihat lagi dan Anda akan melihat sesuatu. Sebuah situs bernama Parlia berada di urutan ke-3 pada hasil pencarian untuk “Is Greta Thunberg munafik.” Tetapi Parlia hanya diluncurkan (dalam mode siluman) pada Oktober tahun lalu.

Jadi bagaimana ini bisa terjadi?

Nah, pemula di ruang Q&A ini sekarang telah menutup putaran pendanaan awal dari Bloomberg Beta, Tiny VC dan lainnya (jumlah tidak diungkapkan).

Dan sebagai pendiri, dan mantan jurnalis, Turi Munthe mengatakan kepada saya, ide di sini adalah Parlia akan menjadi “ensiklopedia pendapat.”

“Kami adalah wiki: memetakan semua perspektif baik pada kisah yang melanggar maupun kontroversi saat itu, serta pertanyaan-pertanyaan besar yang selalu ada: apakah Tuhan ada? Apakah Messi benar-benar lebih baik daripada Ronaldo? Cara kami membangun adalah untuk juga membantu memperbaiki polarisasi, kemarahan, dan pengungkapan informasi saat ini, ”katanya kepada saya.

Sementara sebagian besar situs tanya jawab diarahkan sekitar X versus Y, dan fokus pada debat rasional, Parlia

berusaha memetakan SEMUA pendapat di luar sana: termasuk penghuni bumi yang datar. Itu bertujuan menjadi deskriptif bukan preskriptif, dan lebih dekat ke wiki, tidak seperti Quora, di mana penulis sering menjual “sesuatu” serta diri mereka sendiri sebagai ahli.

Situs ini sudah robek. Dan juga sangat tepat untuk era ini.

Saat ini mata pelajaran teratas termasuk “Bagaimana cara tetap sehat selama karantina di rumah?” atau “Apa efek menghabiskan waktu lama dalam isolasi coronavirus?” atau “Akankah krisis coronavirus menyatukan masyarakat?” Daftarnya berlanjut. Pengguna melihat argumen dengan tenang, ditata tanpa memihak, di samping kontra-argumen dan semua argumen dan posisi lainnya.

Kata Munthe: “Pada tahun 2016, saya menyadari usia konsensus politik sudah berakhir. Saya menyaksikan ketika Inggris menumpahkan mungkin satu triliun kata argumen dalam membangun untuk Referendum Brexit dan berpikir: tidak ada lebih dari setengah lusin alasan mengapa orang akan memilih dengan cara baik. ”

Dia menyadari bahwa jika ada sejumlah argumen terbatas di sekitar sesuatu yang besar dan memecah belah seperti Brexit, maka ini akan berlaku untuk semuanya. Dengan demikian, Anda secara teoritis dapat memetakan argumen seputar kontrol senjata, aborsi, tanggapan terhadap virus corona, ancaman AI dan hampir semuanya.

Jadi mengapa ada orang yang mau melakukan itu? Ini, tentu saja, adalah hal yang baik dalam dirinya sendiri dan

akan membantu orang memahami apa yang mereka pikirkan serta membantu mereka memahami bagaimana dunia berpikir.

Untungnya, ada juga model bisnis. Ini berpotensi membawa iklan, sponsor, keanggotaan, dan donasi pengguna. Lainnya adalah data. Jika mereka melakukannya dengan benar, mereka akan memunculkan informasi mendasar tentang cara kita berpikir.

Munthe berpikir semua pengguna akan datang melalui Pencarian. “Peluang media, kami pikir, adalah 100 juta lebih tampilan halaman / bulan,” katanya.

Salah satu pendiri Munthe adalah J. Paul Neeley, mantan profesor Royal College of Art, dan seorang desainer layanan

yang bekerja dengan Unileverdan Kantor Kabinet Inggris. Munthe sendiri telah mengeksplorasi masalah sistemik ekosistem media selama beberapa waktu. Dari mendirikan majalah kecil di Lebanon, melaporkan di Irak pada tahun 2003, kemudian memulai dan keluar dari Demotix, untuk meluncurkan North Base Media (VC yang berfokus pada media).

Godaan, tentu saja, memungkinkan bias merayap sebagai imbalan atas transaksi komersial. Tetapi, kata Menthe: “Kami tidak akan pernah bekerja dengan partai politik, dan kami akan membentuk dewan penasehat etika kami sendiri. Tetapi pemahaman itu harus bermanfaat bagi para peneliti dan institusi pasar di mana saja. ”

Baca Juga: