Bentuk dari teori Kognitif

Bentuk dari teori Kognitif

Dalam hal ini studi tentang perkembangan kognitif didominasi oleh dua bentuk teori, yaitu teori perkembangan kognitif Piaget dan teori pemrosesan informasi.

  1. a)Teori Kognitif Piaget

Teori perkembangan kognitif Piaget adalah salah satu teori yang menjelaskan bagaimana anak beradaptasi dengan menginterpretasikan objek dan kejadian-kejadian di sekitarnya. Piaget memandang bahwa anak memainkan peran aktif di dalam menyusun pengetahuannya mengenai realitas dengan kemampuan berupa tindakan yang termotivasi secara sendirinya terhadap lingkungan.[5] Piaget percaya bahwa pemikiran anak-anak berkembang menurut tahap-tahap atau periode yang terus bertambah kompleks.

Untuk menunjukkan struktur kognitif yang mendasari pola-pola tingkah laku yang terorganisir, piaget menggunakan istilah skema dan adaptasi. Skema adalah proses atau cara mengorganisir dan merespons berbagai pengalaman dengan kata lain skema adalah suatu pola sistematis dari tindakan, perilaku, pikiran dan strategi pemecahan masalah yang memberikan suatu kerangka pemikiran dalam menghadapi berbagai tantangan dan jenis situasi.  Adaptasi adalah sebuah istilah yang digunakan Piaget untuk menunjukkan pentingnya pola hubungan individu dengan lingkungannya dalam proses perkembangan kognitif.

Menurut Piaget adaptasi terdiri dari dua proses yang saling melengkapi, yaitu asimilasi dari sudut biologi adalah intregasi Antara elemen-elemen eksternal terhadap struktur yang sudah lengkap pada organisme. Akomodasi adalah menciptakan langkah baru atau memperbarui istilah lama untuk menghadapi tantangan baru. Jadi, kalau pada asimilasi terjadi perubahan pada objeknya, sehingga ia dapat menyesuaikan diri dengan objek yang ada di luar dirinya.

  1. b)Teori Pemrosesan Informasi

Teori pemrosesan informasi merupakan teori alternative terhadap teori kognitif Piaget. Teori pemrosesan informasi ini didasari atas tiga asumsi umum, pertama, pemikiran dipandang sebagai suatu system penyimpanan dan pengembalian informasi. Kedua, individu-individu memproses informasi dari lingkungan, dan ketiga, terdapat keterbatasan pada kapasitas untuk memproses informasi dari seorang individu (Zigler & Stevenson, 1993).

sumber :

https://daftarpaket.co.id/seva-mobil-bekas/