Bentuk dari teori kontekstual

Bentuk dari teori kontekstual

Dalam teori kontekstual ini ada beberapa bentuk teori yang mempengaruhi, yaitu:

  1. a)Teori Etologis

Etologi merupakan studi tentang perkembangan perilaku evolusi spesies dalam lingkungan alamiahnya. Teori etologi mengenai perkembangan menekankan bahwa perilaku sangat dipengaruhi oleh biologi, terkait dengan evolusi dan ditandai oleh periode-periode kritis atau sensitive. Dengan demikian, pendekatan etologi difokuskan pada asal-usul evolusi dari tingkah laku dan menekankan tingkah laku yang terjadi dalam lingkungan alamiah.

Pendekatan etologis menetapkan metode-metode observasi yang dapat meningkatkan kualitas studi tentang perekmbangan manusia.

  1. b)Teori Ekologis

Teori Ekologis lebih menekankan pada system lingkungan menurut Urie Brofenbrenner terhadap perkembangan mengajukan bahwa konstek di mana berlangsung perkembangan individu, baik kognitif, sosioemosional, kapsitas dan karakteristik motivasional, maupun partisipasi aktifnya, merupakan unsur-unsur penting bagi perubahan perkembangan. Dalam teori ekologisnya, Brofenbrenner menggambarkan empat kondisi lingkungan di mana perkembangan terjadi, yaitu mikrosistem, mesosistem, ekosistem dan makrosistem.

  1. Bentuk dari teori Behavioral, dan Sosial Belajar

Dalam teori Behavioral ada tiga versi tradisi behavioral, yaitu Pavlov dan kondisioning klasik, B.F. Skinner dan kondisioning operant, serta Bandura dan teori belajar sosial.

a.)    Pavlov dan Kondisioning Klasik

Paradigma kondisioning klasik merupakan karya besar Ivan P. Pavlov (1849 –1936) ilmuan Rusia yang mulai mengembangkan teori melalui percobaannya tentang anjing dan air liurnya. Proses yang ditemukan oleh Pavlov adalah perangsang yang asli dan netral atau rangsangan biasanya secara berulang – ulang dipasangkan dengan unsur penguat, akan menyebabkan suatu reaksi. Perangsang netral tadi disebut perangsang bersyarat atau US (unconditioned stimulus). Reaksi alami (biasa) atau reaksi ynag tidak dipelajari disebut reaksi bersyarat atau CR (conditioned response). Pavlov mengaplikasikan istilah – istilah tersebut sebagai berikut: suatu penguat ialah setiap agen, seperti makanan yang biasa mengurangi sebagian dari suatu kebutuhan.

baca juga :