Berikut cara memainkan bonang.

Berikut cara memainkan bonang.

  1. Teknik Dua Nada Dipukul Bersamaan

    Teknik ini juga memiliki dua macam jenis pukulan yaitu gembyang dan kempyung.

  1. Gembyang

    Teknik gembyang dilakukan dengan cara menabuh bonang menggunakan  kedua tangan Anda pada dua nada yang sama secara bersamaan, misalnya nada 2 rendah dipukul bersamaan dengan nada 2 tinggi atau nada 1 tengah dipukul bersamaan dengan nada 1 tinggi.

  1. Kempyung

    Teknik kempyung sedikit berbeda dengan teknik gembyang. Teknik kempyung dilakukan dengan cara menabuh bonang menggunakan kedua tangan Anda pada dua nada yang berbeda secara bersamaan.

  1. Teknik Beberapa Nada Dipukul Satu Per Satu

         Teknik ini di daerah Jawa disebut dengan mipil. Mipil berasal dari kata pipil (bahasa Jawa) yang berarti mengambil biji jagung satu per satu. Hal tersebut yang serupa dengan teknik ini yaitu memukul bonang satu persatu nada bagian pencon (bagian atas bonang yang menonjol). Mipil memiliki berbeda jenis, antara lain mipil lombo dan mipil lados.

  1. Mipil Lombo

    Pola mipil jenis ini digunakan pada boang barung di irama I. Ketika bonang barung dipukul dengan teknik mipil lombo, bonang penerus menggunakan teknik mipil lados.

  1. Mipil Lados

    Pola mipil jenis ini digunakan pada bonang barung di irama II. Ketika bonang barung dipukul dengan teknik mipil lados, bonang penerus menggunakan teknik mipil rangkep.

  1. Teknik Imbal-Imbalan

    Teknik ini merupakan pola pukul imbal yang dilakukan oleh sepasang bonang, yaitu bonang barung dan bonang penerus. Biasanya teknik ini digunakan ketika penabuh gendang menabuh gandang ciblon, misaln

 

Sumber :

https://littlehorribles.com/