Fungsi Konsumsi

Fungsi Konsumsi

Fungsi konsumsi adalah suatu fungsi yang menggambarkan hubungan antara tingkat konsumsi rumah tangga dengan pendapatan nasional dalam suatu perekonomian. Fungsi konsumsi adalah suatu kurva yang menggambarkan sifat hubungan di antara tingkat konsumsi rumah tangga dalam perekonomian dengan pendapatan nasional (pendapatan disposebel) perekonomian tersebut. Ada dua konsep untuk mengetahui sifat hubungan antara pendapatan disposebel dengan konsumsi dan pendapatan diposebel dengan tabungan yaitu kosep kecondongan mengkonsumsi dan kecondongan menabung.  Ada 4 ciri penting dari fungsi konsumsi yaitu sebagai berikut :

  1. Terdapat titik impas (break event point) dari pendapatan. Yaitu tingkat dimana seluruh pendapatan disposable rumah tangga digunakan untuk kegiatan konsumsi.
  2. Dibawah tingkat impas. Dalam hal ini konsumsi rumah tangga lebih besar daripada pendapatan disposable, sehingga rumah tangga melakukan pinjaman atau menggunakan tabungan sebelumnya. Kegiatan ini disebut dissaving.
  3. Diatas tingkat impas. Dalam hal ini karena pendapatn disposable lebih besar dari konsumsi maka sisanya di tabung.
  4. Setiap peningkatan pendapatan disposable meningkatkan kegiatan konsumsi. Namun besarnya peningkatan konsumsi lebih rendah daripada peningkatan pendapatan disposable.

Fungsi konsumsi menunjukkan hubungan antara variabel pendapatan nasional (Y) dengan variabel pengeluaran konsumsi (C). Fungsi konsumsi diperkenalkan oleh J.M Keynes dengan formulasi:

C = a + bY

C = tingkat konsumsi

a = konsumsi rumah tangga  ketika pendapatan nol (0)

b = kecenderungan konsumsi marjinal (MPC)

Y = tingkat pendapatan

  1. Kecenderungan Mengkonsumsi (Propensity to Consume)

Ø  Kecenderungan mengonsumsi marginal yaitu perbandingan antara pertambagan (AC) yang dilakukan dengan pertambahan pendapatan disporsabel (AY).

MPC= ∆C/∆Yd

Keterangan

MPC = Marginal Propensity to concume (kecondongan mengosumsi marginal)

∆C = pertambahan konsumsi

∆Yd = pertambahan pendapatan

Ø  Kecenderungan Mengonsumsi Rata-rata (Average Propensity to Consume)

Kecenderungan mengonsumsi rata-rata yaitu perbandingan antara tingkat konsumsi (C) dengan tingkat pendapatan diposabel serta konsumsi itu dilakukan (Yd).

APC= C/Yd Keterangan

APC = konsumsi rata-rata

C = tingkat konsumsi

Yd = besarnya pendapatan disposabel

sumber :

https://galleta.co.id/device-id-changer-pro-apk/