Gerakan Satu Minggu Satu Buku

Gerakan Satu Minggu Satu Buku

Gerakan Satu Minggu Satu Buku

Gerakan Satu Minggu Satu Buku
Gerakan Satu Minggu Satu Buku
Membuat masyarakat gemar membaca adalah cara jitu meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indoensia. Namun, jika membentuk Satgas gemar membaca barangkali membuat pemerintah terlalu repot mengurusnya. Mereka kan sering kali tidak mau ambil repot. Jadi, alternatif yang bagus untuk mewujudkan masyarakat gemar membaca adalah kesadaran masyarakat itu sendiri.
Ada baiknya pencanangan program manajemen mandiri dengan memberlakukan gerakan satu minggu satu buku. Jika seseorang mampu membaca satu buku per minggunya maka dalam setahun ia mampu melahap sekitar 50 buku. Hebat bukan?
Jamsostek adalah singkatan dari Jaminan Sosial Tenaga Kerja dan merupakan program publik yang memberikan perlindungan bagi tenaga kerja untuk mengatasi resiko sosial ekonomi tertentu yang penyelenggarannya menggunakan mekanisme asuransi sosial.
Sebagai program publik, JAMSOSTEK memberikan hak dan membebani kewajiban secara pasti (compulsory) bagi pengusaha dan tenaga kerja berdasarkan Undang-Undang No. 3 tahun 1992, berupa santunan tunai dan pelayanan medis, sedang kewajibannya adalah membayar iuran.
Program ini memberikan perlindungan bersifat dasar, untuk menjaga harkat dan martabat manusia jika mengalami resiko-resiko sosial ekonomi dengan pembiayaan yang terjangkau oleh pengusaha dan tenaga kerja.
Resiko sosial ekonomi yang ditanggulangi oleh program tersebut terbatas saat terjadi peristiwa kecelakaan, sakit, hamil, bersalin, cacad, hari tua dan meninggal dunia, yang mengakibatkan berkurangnya atau terputusnya penghasilan tenaga kerja atau membutuhkan perawatan medis.
JAMSOSTEK dilandasi filosofi kemandirian dan harga diri untuk mengatasi resiko sosial ekonomi. Kemandirian berarti tidak tergantung orang lain dalam membiayai perawatan pada waktu sakit, kehidupan dihari tua maupun keluarganya bila meninggal dunia. Harga diri berarti jaminan tersebut diperoleh sebagai hak dan bukan belas kasihan orang lain.
Agar pembiayaan dan manfaatnya optimal, pelaksanaan program JAMSOSTEK dilakukan secara gotong royong, dimana yang muda membantu yang tua, yang sehat membantu yang sakit dan yang berpenghasilan tinggi membantu yang rendah.
Dasar Hukum :