Hubungan antara Manajemen Sumber Daya Manusia dan Teknologi Imformasi

Hubungan antara Manajemen Sumber Daya Manusia dan Teknologi Imformasi

Hubungan antara Manajemen Sumber Daya Manusia dan Teknologi Imformasi

Perkembangan Teknologi Inmformasi di era modern saat ini

tidak bisa dipungkiri lagi sangat  berpengaruh besar terhadap kemudahan dan kelancaran suatu imformasi atau pengolahan data dalam berbagai bidang, salah satunya dalam bidang manajemen Sumber Daya Manusia. Dengan fungsi Teknologi pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian imformasi akan memudahkan proses Manajemen Personalia untuk mengatur sumber daya manusianya dengan baik dan cepat tentunya dengan meminimalisir human eror yang kemungkinan terjadi. Inilah yang membuat kedua aspek ini saling keterhubungan.

Dalam Manajemen juga dikenal dengan adanya sistem  imformasi manajemen atau biasa di sebut dengan SIM. Pada umumnya sistem diartikan sebagai satu keseluruhan dari sejumlah komponen (bagian) yang saling berkaitan atau berhubungan dalam mencapi tujuan tertentu. Jika dihubungkan dengan manajemen, komponen tersebut adalah unsur-unsur dalam manajemen (perencanaan, pengorganisasian, pelaksanan, penganggaran dan pengawasan) yang bergerak bersama demi mewujudkan tujuan suatu perusahaan. Selanjutnya yang dimaksud dengan imformasi manajemen adalah rangkaian kegiatan (manajemen) yang menghasilkan sejumlah imformasi yang tersusun secara sitematik dan bersifat menyeluruh mengenai segala sesuatu dilingkungan suatu perusahaan.

Berdasarkan penjelasan diatas SIM dapat diartikan sebagai kesatuan imformasi mengenai kondisi SDM yang memiliki bebagai komponen berupa kondisinya dimasa lalu, masa kini dan prediksi kondisinya dimasa depan dalam lingkungan organisasi ataupun perusahaan. Sistem imformasi SDM tersebut berisi data seperti dokumentasi nilai yang dicapainya ketika mengikuti seleksi, dan hasil penilaian setiap pekerja. Selain itu juga berisi imformasi mengenai karakteristik kepribadiannya, jenis dan tingkat keterampilan dan keahliannya kemampuan manjerial prestasi kerja dan lain-lain yang di dokumentasikan secara individual.


Sumber: https://ntclibya.com/tukang-konten/