Kemenpar Akan Survey Wisman di Bandara

Kemenpar Akan Survey Wisman di Bandara

Kemenpar Akan Survey Wisman di Bandara

Kemenpar Akan Survey Wisman di Bandara
Kemenpar Akan Survey Wisman di Bandara

BANDUNG-Kementerian Pariwisata akan menggelar survey

terhadap wisatawan mancanegara yang datang dan pergi dari Bandara Husein Sastranegara Kota Bandung.

Asisten Deputi Penelitian dan Pengembangan Kebijakan Kepariwisataan Kementerian Pariwisata RI Abdul Kadir mengatakan, selama sepuluh hari pada bulan April akan melakukan survei dan wawancara dengan wisatawan mancanegara yang datang dan pergi dari Bandara Husein Sastranegara Bandung.

“Survey itu dilakukan untuk mengetahui minat dan kegiatan wisata

para wisatawan mancanegara yang tiba dan pergi dari Bandara Husein,” ujarnya di Bandung, Kamis(31/3).

Survei selain mendata juga melakukan wawancara singkat dengan turis. Hal ini dilakukan untuk memastikan dan mengetahui secara detail data kunjungan wisata dan minat mereka. Pasalnya wisatawan mancanegara itu berbeda dengan orang asing yang datang, karena tujuan mereka jelas wisata.

Data terkait jumlah wisatawan dan orang asing itu, kata dia kerap berbaur sehingga tidak diperoleh data wisatawan yang sesungguhnya.

“Bila data orang asing itu bisa juga pekerja di kita

, mereka bukan berwisata tapi kerja. Tapi wisatawan adalah mereka yang melakukan kunjungan wisata dan menginap di suatu daerah,” katanya.

Abdul Kadir menyebutkan, untuk pengembangan pariwisata di Indonesia butuh data jumlah kunjungan wisata yang valid serta data kawasan wisata dan sektor pendukungnya yang detail sehingga tidak membingungkan wisatawan yang datang.

Selain itu upaya promosi juga harus dilakukan lebih gencar dan tepat. Salah satunya dalam melakukan promosi agar selain mengundang wisatawan mancanegara juga menarik minat wisatawan lokal.jo

 

Baca Juga :