Kewarganegaraan dan Pemberdayaan

Kewarganegaraan dan Pemberdayaan

Partisipasi menjadi sentral dalam pemberdayaan. Isitilah partisipasi warganegara terutama berguna karena menyarankan bahwa partisipasi selalu mengikuti rakyat yang menjalankan peran warga negara. Proses-proses kewarganegaraan sosial selalu melibatkan aksi kolektif untuk perubahan. Sehingga pemberdayaan menjadi proses membangun suatu kebudayaan HAM.

v  Jenis-jenis Kekuasaan

Jenis-jenis kekuasaan yang dipertimbangkan sebagai hal yang terlibat dalam strategi-strategi pemberdayaan berbasis masyarakat, yaitu :

1)      Kekuasaan atas pilihan pribadi dan peluang hidup

Banyak orang memiliki sedikit kekuasaan untuk menentukan jalan hidupnya sendiri, membuat keputusan tentang gaya hidup dan sebagainya. Pilihan-pilihan ini lazimnya dipengaruhi oleh faktor-faktor struktural. Jadi dalah satu konsekuensi utama dari kemiskinan adalah bahwa orang memiliki sedikit pilihan atau kekuasaan untuk membuat keputusan tentang hidup mereka sendiri.  Oleh karena itu, suatu strategi pemberdayaan akan berupaya memaksimalkan pilihan-pilihan efektif orang, dalam rangka untuk meningkatkan keekuasaan mereka atas keputusan-keputusan yang menyangkut masa depan pribadi mereka.

sumber :
https://solopellico3p.com/beli-mobil-bekas/