Konferensi Macan Tutul Jawa (Panthera Pardus Melas)

Konferensi Macan Tutul Jawa (Panthera Pardus Melas)

Konferensi Macan Tutul Jawa (Panthera Pardus Melas)

Konferensi Macan Tutul Jawa (Panthera Pardus Melas)
Konferensi Macan Tutul Jawa (Panthera Pardus Melas)

BANDUNG (28/1) – Macan Tutul Jawa (Panthera Pardus Melas)

menjadi satu-satunya kucing besar yang masih hidup di Pulau Jawa sejak harimau jawa (Panthera tigris sondaica) dinyatakan punah pada 1980-an. Namun, nasib suram harimau jawa diperkirakan tidak lama lagi akan menghampiri Macan Tutul Jawa bila manusia hanya diam saja.

Macan Tutul Jawa masuk dalam kategori critically endangered (kritis)

dalam daftar spesies-spesies terancam IUCN (International Union for Conservation of Nature) dan berada dalam kategori apendiks 1 dalam CITES. Selain tingkat perkawinan dan perkembangbiakan alami yang rendah, kuat dugaan semakin menyempitnya habitat menjadi alasan di balik ancaman kepunahannya. Hingga kini, tidak ada data pasti mengenai jumlah macan tutul yang hidup di alam.

Dari berbagai macam pemberitaan di media, kabar mengenai penderitaannya di alam lebih santer ketimbang berita kebahagian kelahirannya di penangkaran. Terjadi sembilan pertemuan macan tutul jawa dengan manusia medio 2011-2013. Enam ekor diantaranya kini terpaksa hidup di penangkaran. Seekor mati terkena jeratan babi di Jawa Tengah.

Ironis karena sejumlah aturan hukum sebetulnya sudah dibuat guna

melindungi satu dari sembilan keluarga macan tutul di dunia ini, mulai dari Undang-Undang No. 5/1990 hingga SK Mentan No. 421/Kpts/Um/8/1970. Satwa ini bahkan punya posisi istimewa di Jawa Barat karena ditetapkan sebagai fauna identitas daerah ini sejak 2005.

Dari release FOKSI yang diterima jabarprov.go.id, atas dasar keprihatinan itu, berbagai pihak baik pemerintah, lembaga konservasi, dan kelompok pemerhati satwa liar, berinisiatif menggelar acara ini. Forum Konservasi Satwaliar Indonesia (FOKSI), Kementerian Kehutanan RI, Taman Safari Indonesia (TSI), bekerja sama dengan Conservation Breeding Specialists Group (CBSG) – Indonesia Program, Perkumpulan Kebun Binatang Se-Indonesia (PKBSI), dan Forum Harimau Kita, duduk bersama menggelar konferensi nasional pertama tentang macan tutul jawa di Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor, 29-30 Januari 2014.

Diharapkan, selepas konferensi ini, dapat segera ditindaklanjuti pengesahan Strategi dan Rencana Aksi Konservasi Macan Tutul Jawa dan pembentukan forum macan tutul jawa.

 

Baca Juga :