Manajemen Dalam Rumah Terhadap Anak

Manajemen Dalam Rumah Terhadap Anak

              Sejatinya, ibu dikatakan ideal dalam yaitu mampu mendidik anak dengan nilai ke-Islaman sejak masih dini, memiliki budi pekerti yang baik ( akhlakul karimah ), selalu menjaga perilakunya agar menjadi teladan bagi anaknya, memiliki sikap penyabar, sopan serta lembut dalam berbicara agar kelak sang anak dapat memiliki kepribadian yang tangguh dan baik.

              Tidak ada yang meragukan betapa pentingnya ibu dalam pendidikan anak seperti kasih sayang dan perhatian dari seorang ibu. Karena perhatian dan kasih sayang tersebut akan menimbulkan perasaan di terima dalam diri anak – anak dan membangkitkan rasa percaya diri di masa – masa pertumbuhan mereka.

              Orang tua terutama ibu yang banyak bergulat dengan anak, mempunyai tugas yang amat besar untuk mendidik anak baik pendidikan jasmani, intelektual dan mental spiritual, sehingga melalui teladan yang baik atau pelajaran yang berupa nasehat – nasehat kelak ia dapat memetik tradisi –tradisi yang benar dan pijakan moral yang sempurna dari masa kanak – kanaknya.

              Jika dikaitkan dengan pengertian ibu dengan perannya, pada umumnya ibu yang memegang peran penting terhadap pendidikan anak – anaknya sejak anak itu dilahirkan. Ibu yang selalu di samping anak, itulah sebabnya kebanyakan anak lebih dekat dan sayang kepada ibu. Tugas seorang ibu sungguh berat dan mulia, ibu sebagai pendidik dan sebagai pengatur rumah tangga. Hal ini amatlah penting bagi terselenggaranya rumah tangga yang sakinah yaitu keluarga yang sehat dan bahagia, karena dibawah perannya lah yang membuat rumah tangga menjadi surga bagi anggota keluarga, menjadi mitra sejajar yang paling menyayangi bagi suaminya. Sehingga untuk mencapai ketentraman dan kebahagiaan dalam keluarga dibutuhkan ibu sholehah, yang dapat mengatur keadaan rumah menjadi tempat yang menyenangkan, memikat hati seluruh anggota keluarga.

              Peran seorang ibu itu senantiasa mempersiapkan diri untuk mengasuh anak dan rela berkorban untuknya baik di waktu istirahat atau sibuk. Dia akan tetap sabar. Sikap pengasih inilah yang sering membuat ibu tidak dapat tidur meskipun anaknya terlelap.

              Ibu dan perannya terhadap anak adalah sebagai pembimbing kehidupan di dunia ini, seorang ibu merupakan salah satu dari kedudukan social yang mempunyai banyak peran, peran sebagai istri dari suaminya, sebagai ibu dari anak – anaknya. Ibu juga berfungsi sebagai benteng keluarga yang menguatkan anggota – anggota keluarganya, serta mempunyai peran dalam proses sosialisasi dalam keluarga. Jadi peran ibu adalah tingkah laku yang dilakukan seorang ibu terhadap keluarganya untuk merawat suami dan anak – anaknya.

              Adapun di dalam menjalankan peran, ibu harus membekali dirinya sebaik mungkin dengan bekal yang bisa membantunya dalam memainkan peran yang amat penting. Yaitu dalam membimbing anak dengan bimbinngan yang bisa menjaga anak dari keburukan dan terbentuklah pribadi yang shaleh.

              Peran penting seorang ibu menjadi ibu yang baik bagi anak memerlukan perencanaan dan tindak lanjut, agar ibu dapat melakukan pengasuhan yang di dalamnya memenuhi karakteristik baik bagib seorang ibu, sehingga ibu mampu mengembangkan karakter yang baik, di antaranya :

  1. Keharusan mengenali diri

Bagi seorang ibu, mengenali diri sendiri amat penting mulai dari kekuatan, kelebihan, kemampuan serta kekurangan bahkan kelemahan yang ada di dalam dirinya. Mengenali diri sendiri yang ada di dalam jiwa ibu sama halnya dengan mengenal Allah SWT, karena dengan mengenal Allah SWT seorang ibu akan menjunjung tinggi nilai – nilai ketakwaan, kemanusiaan, dan kemulian yang akhirnya karakter ibu yang baik akan menjiwai anak dengan baik pula.

  1. Pentingnya pembangunan

Pada dasarnya ibu berpijak di dunia ini bukan untuk berdiam diri saja. Melainkan seorang ibu bertanggung jawab terhadap pentingnya pembangunan yaitu membangun anak. Tentunya untuk membangun anak yang shaleh, ibu tidak berjuang sendiri perlu bantuan orang lain. Dan ibu tidak akan menyerah dengan segenap kesulitan hidup yang dihadapi.

sumber :