Manfaat Luar Biasa Tanaman Landep Bagi Kesehatan

Manfaat Luar Biasa Tanaman Landep Bagi KesehatanManfaat Luar Biasa Tanaman Landep Bagi Kesehatan

Tanaman yakni daun landep memiliki kandungan senyawa kimiawi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Nah selain daun, Akar dari tanaman Landep juga digunakan untuk membuat obat-obatan herbal.

Tanaman Landep berasal dari daerah Asia Tropis dan daerah Afrika Selatan. Landep biasa tumbuh di tempat yang beriklim kering, di Indonesia tanaman Landep bisa ditemui di daerah dataran rendah sampai dengan ketinggian 400 meter di atas permukaan laut.

Manfaat Luar Biasa Tanaman Landep Bagi Kesehatan

Tanaman ini tergolong jenis tanaman perdu, menyerupai semak, tinggi 1,5 – 2 m. Batang berkayu, segi empat, berbuku-buku, berambut, berduri kuat yang terdapat pada ketiak-ketiak daun. Daun : tunggal, daun muda berambut, letak berhadapan, panjang tangkai daun 4 – 8 mm.Buah Landep berwarna hijau, sedangkan bijinya berwarna cokelat. Perbanyakan tanaman Landep dengan menggunakan biji atau setek batang. Maka tidak heran kalau tanaman ini ditanam untuk digunakan sebagai pagar.

Tanaman landep mengandung beberapa senyawa kimia seperti flavonoid, saponi, polifenol dan tannin.

Manfaat Tanaman Landep
Bagian dari tanaman Landep yang biasa digunakan untuk pengobatan yaitu daun dan akarnya. Yang mana tanaman ini dapat mengobati penyakit sakit perut, beser mani, nyeri pada gusi gigi, kudis, kencing kurang lancar, demam sakit pinggang dan rematik. Sedangkan akarnya bermanfaat untuk mengatasi cacingan.

Cara Pengobatannya
Untuk mengobati sakit pinggang, rematik dan sakit kepala,
Siapkan segenggam daun landep yang segar,
Kemudian Cuci bersih lalu digiling sampai halus.
Tambahkan air kapur sirih sembari diaduk rata sampai menjadi seperti bubur kental.
Setelah itu balurkan ke bagian yang sakit.
Jika sakit kepala, dapat dibalurkan di bagian keningnya.

 

Sumber: https://menitpertama.id/musical-ly-targetkan-jutaan-pengguna-remaja-indonesia/