Materi Tentang Musytarak

April 12, 2020 by Tidak ada Komentar

Materi Tentang Musytarak

Materi Tentang Musytarak

Definisi musytarak

Musytarak ialah suatu lafal yang mempunyai dua arti yang sebenarnya dan arti-arti tersebut berbeda. Seperti lafal jaun yang artinya putih atau hitam. Apabila arti yang sebenarnya satu dan yang lain arti majaz, maka tidak dikatakan musytarak.

Sebab-sebab timbulnya lafal musytarak

  1. Bermacam-macam suku bangsa Arab yag terdiri dari dua golongan yaitu golonan Adnan dan golongan Qathan. Masing-masing golongan terdiri dari suku yang bermacam-macam dan dusun yang terpencar yang berbeda tempat lingkunannya. Kadang suatu suku membuat nama untuk suatu pengertian. Kemudian suku lainnya menggunakan nama tersebut untuk suatu pengertian lainnaya yang tidak dimaksud oleh suku pertama. Tatkala bahasa Arab diambil orang lain dan dibukukan kedua pengeertian itu diambil begitu saja tanpa memperhatikan hubungan dengan suku yang membuatnya.
  2. Antara kedua pengertian terdapat arti dasar yang sama. Karena suatu lafal bisa digunakan untuk pengertian tersebut. Inilah yang disebut isytarik ma’nawi(persekutuan batin). Terkadang orang melupakan arti yang dapat mengumpulkan kedua pengertian tersebut.
  3. Semula lafal digunakan untuk suatu arti, kemudian berpindah kepada arti yang lain dengan jalan majaz, karena adanya ‘alaqah (hubungnnya) . Alaqah ini dilupakan dan kemudian hilang maka disangka kata tersebut digunakan untuk kedua arti yang sebenarnya (haqiqi) tanpa mengetahui adanya alaqah.
  4. Hukum lafal musytarak

Lafal musytarak tidak dapat menunjukan salah satu artinya yang tertentu (dari arti lafal musytarak) selama tidak dapat menunjukan salah satu artinya yang tertentu(dari arti lafal musytarak) selama tidak ada hal-hal (qarinah) yang menjelaskannya. Apabila ada lafal musytarak tanpa penjelasan, padahal yang dikehendaki oleh salah satu artinya maka dengn sendirinya lafal musytarak tersenut ditinggalkan. Sebab tidak mungkin kita beramal sesuai dengan petunjuknya(lafal musytarak) selama kita tidak mengetahui maksud sebenarnya.

Baca Juga :