Moluskum kontagiosum

Moluskum kontagiosum

Moluskum yakni salah satu jenis penyakit kulit dapat menyerang anak-anak. Faktor penyebab yakni sistem imun lemah, tanda/gejala yakni bintik-bintik kecil, rasa gatal bahkan perih.

Eritema Infektiosum (Fifth Disease)

Eritem infektiosum dapat disebut (fifth disease) yakni salah satu jenis penyakit kulit banyak menyerang anak-anakk. Tanda/gejala fifth desease yakni demam, pilek kemudian keluar ruam pada wajah menyebar ke tubuh, kaki, tangan. Virus penyebab fifth disease yakni parvovirus B19.

  1. Dermatitis Kontak Alergi

Dermatitik kontak alergi yakni salah satu penyakit kulit menyerang anak-anak. Gejala/tanda yakni muncul ruam, melepuh, bintil-bintik keluar air, dan berwarna merah. Faktor penyebab yakni kontak alergi dengan deterjen, sabun, makanan.

1.KUDIS (Scabies)

Merupakan penyakit dengan gejala gatal (lebih pada malam hari). Sering muncul di tempat-tempat lembab di tubuh seperti misalnya, tangan, ketiak, pantat, kunci paha dan kadang di sela jari tangan atau kaki.

Pencegahan :

  • Pencegahan Primordial

Menerapkan perilaku hidup bersih

  • Pencegahan Primer

 Menjaga kebersihan kulit,

  • Pencegahan Sekunder

 Dengan obat anti jamur yang dijual di pasaran, dan dapat juga diobati dengan  obat-obatan tradisional seperti daun sirih yang dicampur dengan kapur sirih dan dioleh pada kulit yang terserang Panu.

  • Pencegahan Tersier

Penyakit panu dapat tertular melalui kontak secara tidak langsung, misalnya dari sprei, baju, handuk, atau benda apapun yang terkontak sama halnya dengan penyakit scabies. Oleh karena itu perlu isolasi bagi penderita panu agar tidak menularkannya ke orang lain. Caranya dengan menjaga kebersihan terutama benda-benda yang dipakai oleh penderita.

SUmber: https://www.gurupendidikan.co.id/usaha-barbershop/