Optimalkan Kesrak, PKK Jabar Gandeng TNI dan BKKBN

Optimalkan Kesrak, PKK Jabar Gandeng TNI dan BKKBN

Optimalkan Kesrak, PKK Jabar Gandeng TNI dan BKKBN

Optimalkan Kesrak, PKK Jabar Gandeng TNI dan BKKBN
Optimalkan Kesrak, PKK Jabar Gandeng TNI dan BKKBN

KAB. INDRAMAYU-Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat Atalia Praratya Kamil

memberikan apresiasi atas peran aktif segenap jajaran TNI Angkatan Darat di Kesatuan Kodam III/Siliwangi yang secara konsisten mendukung program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) melalui Bakti TNI KB Kesehatan terpadu.

“Alhamdulillah TNI sudah bergabung. Harapannya kedepan kita akan melakukan kolaborasi bersama-sama, kita akan ‘duduk’ bersama untuk membahas siapa melakukan apa,” kata Atalia saat menghadiri acara Penutupan Bakti TNI Manunggal KB Kesehatan Terpadu Kodam III/Siliwangi tahun 2017 Tingkat Provinsi Jawa Barat di Pendopo Kab. Indramayu, Selasa (03/12/18).

“Kami jajaran TP PKK Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Jawa Barat bertekad menyatukan langkah melaksanakan kegiatan Gerak PKK KKBPK Kesehatan tahun 2018 guna menyongsong keluarga Indonesia yang sehat dan semakin sejahtera,” tambahnya.

Acara ini dirangkaikan juga dengan kegiatan Pencanangan Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan Tahun 2018 Provinsi Jawa Barat

dan Launching 1000 Hari Pertama.

Kegiatan Kesatuan Gerak PKK-Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga Kesehatan merupakan salah satu program yang relevan untuk terus dilaksanakan dan ditingkatkan kualitasnya.

Mengingat saat ini Provinsi Jawa Barat masih dihadapkan dengan berbagai tantangan dan masalah kependudukan, diantaranya: jumlah penduduk Jawa Barat menurut data BPS tahun 2018 mencapai 48 juta jiwa dengan laju pertumbuhan yang masih tinggi yaitu 1,34%, tingginya angka kematian ibu dan bayi, penyakit yang mengancam jiwa manusia yang beranekaragam (difteri, demam berdarah, diare, malaria, TBC, HIV/AIDS dan lainnya), dan tingginya angka stunting yg mencapai 29%.

Dengan demikian, mekanisme atau tatalaksana kegiatan tersebut perlu terus disempurnakan sehingga mampu memberikan kontribusi yang optimal terhadap keberhasilan program pembangunan di Kabupaten/Kota.

Senada dengan Atalia, Kepala BKKBN RI yang diwakili Direktur Bina Kesertaan KB Jalur Wilayah dan Sarana Khusus BKKBN RI,

Nerius Auparay mengungkapkan kegiatan lintas sektor seperti ini dapat menacapai keberhasilan Program KKBPK melalui upaya pengendalian laju pertumbuhan pendudukan.

“Kami sangat menghargai partisipasi dan peran serta semua pihak dalam mendukung program KKBPK DI Jawa Barat” ujarnya.

“Terimakasih kepada TNI dan PKK yang telah memberikan dukungan penuh terhadap pembinaan Kampung KB yang dibuktikan dengan kesungguhan para Anggota TNI khususnya Babinsa, serta PKK dan para kadernya untuk terlibat dalam kegiatan kemasyarakatan,” sambungnya.

 

Baca Juga :