Pelajar SMK Berlatih Wirausaha Cetak Digital

Pelajar SMK Berlatih Wirausaha Cetak Digital

Pelajar SMK Berlatih Wirausaha Cetak Digital

Pelajar SMK Berlatih Wirausaha Cetak Digital
Pelajar SMK Berlatih Wirausaha Cetak Digital

Siswa Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) justru lebih terampil. Mereka lebih fokus

memelajari bidang kejuruan atau ilmu vokasional salah satunya cara memulai berwirausaha. Para siswa SMK bisa memulai usahanya dengan menggarap bisnis cetak digital atau digital printing.

Misalnya dengan membuat kaos, mug, gantungan kunci, plakat, stiker, dan lainnya dengan cetakan menarik sesuai pesanan. Selain melatih skill, usaha tersebut bisa dilakukan secara bersama atau patungan.

Dua tahun ini pelaku bisnis tinta printer, e-Print memberi pelatihan seputar dunia wirausaha

di bidang digital printing bagi pelajar sekolah menengah kejuruan. Materi pelatihan digital printing yang diberikan pada pelajar SMK antara lain cara mengkalkulasi modal usaha dan harga jual, hingga proses produksi usaha digital printing.

“Jadi hampir di seluruh Indonesia kita menggelar pelatihan SMK. Anak sekolah SMK biasanya lebih terampil dan mereka menjadi pemula. Bagaimana kiatnya jika ingin memulai usaha ini,” kata Chief Operating Officer PT Sinar Asia Perkasa (e-Print), Sutiono Soemarno, dalam keterangan tertulis, Senin (31/7).

Menurut Sutiono, pemula apalagi anak sekolah paling sulit dalam hal permodalan.

Pemilihan lokasi kendala juga menjadi salah satu kendala. Namun di era digital, semestinya hal itu menjadi mudah dengan banyaknya toko online.

“Biasanya anak sekolah itu bingung buka usaha seperti ini, berapa sih modalnya, lalu berapa mencetak kaos dengan modal sekian, pakai ruko atau kontrak. Lalu bagaimana modal dan keuntungannya,” katanya.

Pihaknya juga mengajarkan bagaimana cara menyablon kaos membuat mug dengan menggunakan produk e-Print. Produk Toner juga digunakan dengan kelebihan kualitas tinta pekat hasilnya mencetak 2.900 lembar.
Catatan tahun 2017, e-Print meraih dua penghargaan yakni Indonesia Platinum Award 2017 untuk kategori perusahaan. Serta Top Brand Award 2017 untuk kategori Refill Tinta Printer.

 

Sumber :

https://www.buzzfeed.com/danuaji/signs-of-the-cat-infected-with-rabies-6gklbipwse