Penemuan Antibiotik

Penemuan Antibiotik

Penemuan Antibiotik

Penemuan Antibiotik
Penemuan Antibiotik

Apa itu antibiotik

Antibiotik adalah jenis khusus dari obat-obatan yang menghambat pertumbuhan atau menghancurkan bakteri dan beberapa penyakit memproduksi mikro-organisme lainnya. antibiotik dapat membantu tubuh kita untuk melawan penyakit maka mereka digunakan dalam pengobatan banyak penyakit.
Lanjutan tentang pengertian antibiotik berasal dari ‘antibiosis’. Berarti ‘Anti’ ‘melawan’ dan ‘BIOSIS’ berarti ‘hidup’. Antibiotik hanya bertindak terhadap beberapa jenis mikro-organisme seperti bakteri. antibiotik adalah zat kimia yang berasal dari tubuh mikro-organisme seperti bakteri, jamur atau tanaman.

Sejarah penemuan antibiotik

Penemuan antibiotik dimulai sekitar 1928 dengan penemuan spesies jamur Penicillium oleh Sir Alexander Flemming. yang diberi nama Penisilin. Antibiotik ini efektif dalam pengobatan pneumonia, batuk, radang tenggorokan, bisul, luka dll Streptomisin adalah antibiotik lain yang digunakan dalam pengobatan TBC. Selain ini, Ampisilin, Tetracyclin, Chloromycetin dan banyak antibiotik lain yang digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Bahkan ada lebih dari 80 antibiotik yang dikenal.
Beberapa antibiotik hanya efektif terhadap beberapa mikro-organisme tertentu sementara beberapa lainnya efektif terhadap berbagai macam mikroorganisme. Mereka yang mencakup berbagai macam disebut antibiotik spektrum luas. Ketika antibiotik masuk ke dalam tubuh baik melalui suntikan atau kapsul, maka dapat membantu tubuh untuk membunuh mikro-organisme menyebar penyakit

Pembuatan dan cara kerja antibiotik

Apakah Anda tahu bagaimana antibiotik dibuat? Sebagian besar antibiotik yang dibuat dari bakteri dan jamur. Para ilmuwan belum benar-benar dapat mengetahui mekanisme lengkap dimana antibiotik membunuh kuman penyakit. Beberapa ilmuwan berpikir bahwa antibiotik mencegah oksigen dari mencapai kuman penyakit dan tidak adanya oksigen mereka mati.
Beberapa ilmuwan lain mengatakan, antibiotik mencegah kuman dari mengambil makanan dari tubuh dan mereka mati karena kekurangan makanan. Apapun mungkin mekanisme aksi antibiotik, itu adalah fakta menetapkan bahwa obat-obatan ini telah terbukti sangat berguna bagi umat manusia.

Lihat juga definisi anatomi fisiologi

Setiap tahun jutaan orang di dunia menderita berbagai penyakit diselamatkan oleh obat-obatan tersebut. Pada tahun 1930, 20% sampai 85% dari total kematian di Amerika adalah karena pneumonia. Pada tahun 1960, angka ini turun menjadi 5%. Demikian pula, kematian akibat tipus telah turun dari 10% menjadi 2%. Penyakit infeksi juga dapat diatasi dengan adanya antibiotik. Mereka juga berguna dalam mencegah penyakit seperti infeksi tenggorokan, demam rematik, penyakit kelamin dll

Bahaya dan alergi antibiotik

Efek samping antibiotik, Sebagian jenis anti biotik dapat menyebabkan alergi pada seseorang, tingkat sensitivitas terhadap alergi antibiotik antara seseorang dengan orang lain berbeda-beda, karena itu untuk pemberian melalui injeksi atau suntikan, antibiotik harus dilakukan uji coba terlebih dahulu yang disebut dengan skintest, atau suntikan sejumlah kecil dosis dibawah kulit untuk melihat ada atau tidak nya reaksi alergi seperti ruam, gatal-gatal dan tanda alergi lainnya.
jika ini terjadi anti biotik tersebut berarti tidak boleh diberikan karena akan menyebabkan masalah buat tubuh penderita. sekian pembahasan tentang apa itu antibiotik, dan bagaimana sejarah penemuannya. buat anda yang ingin tau sejarah lengkap silakan lihat disini sejarah penemuan antibiotik yang menyelamatkan milliaran nyawa.