PENGERTIAN DAN PERISTIWA PERTUMBUHAN

PENGERTIAN DAN PERISTIWA PERTUMBUHAN

PENGERTIAN DAN PERISTIWA PERTUMBUHAN

Tumbuh adalah berbeda dengan berkembang. Pribadi yang bertumbuh mengandung arti yang berbeda dengan pribadi yang berkembang. Oleh karena itu dibedakan antara pertumbuhan dan perkembangan. Dalam pribadi manusia, baik yang jasmaniah maupun yang rohaniah, terdapat dua bagian yang berbeda sebagai kondisi yang menjadikan pribadi manusia berubah menuju ke arah kesempurnaan. Adapun dua bagian kondisional pribadi manusia itu meliputi:

1) Bagian pribadi material yang kuantitatif, dan

2) Bagian pribadi fungsional yang kualitatif.

Kenyataan itulah yang melahirkan perbedaan konsep antara pertumbuhan dan perkembangan.

Bagian pribadi material yang kuantitatif mengalami pertumbuhan, sedangkan bagian pribadi fungsional yang kualitatif mengalami perkembangan. Uraian ini kiranya cukup memberikan bayangan tentang perbedaan pengertian antara pertumbuhan dan perkembangan. Terlebih dahulu, uraian berikut ini adalah mengenai pertumbuhan pribadi manusia.

2. TEORI PERKEMBANGAN

1) Teori Nativisme

Nativisme dari perkataan nativis yang berarti pembawaan. Menurut teori ini anak sejak lahir telah membawa sifat-sifat dan dasar-dasar tertentu. Sifat-sifat dan dasar-dasar yang dibawa sejak lahir itu dinamakan sifat-sifat pembawaan.

Baca juga: Teks Proklamasi

2) Teori Empirisme

Menurut teori ini manusia tidak memiliki pembawaan. Seluruh perkembangan hidupnya sejaak lahir sampai dewasa semata-mata ditentukan oleh faktor dari luar atau faktor lingkungan hidup dan pendidikan.

3) Teori Naturalisme.

Menurut Rousseau manusia itu pada dasarnya baik, ia jadi buruk dan jahat karena pengaruh kebudayaan. Maka dari itu Rousseau menganjurkan supaya kembali kepada alam dan menjauhkan diri dari pengaruh kebudayaan. Pendidikan yang baik ialah memberi kebebasan kepada anak berkembang menurut kodrat yang baik itu. Dalam pendidikan guru tidak boleh menghukum, tetapi hukuman harus diberikan oleh alam sendiri.

4) Teori Rekapitulasi.

Teori rekapitulasi mengatakan bahwa perkembangan individu merupakan ulangan dari perkembangan jenisnya. Teori rekapitulasi dikemukakan oleh Stanley atas teori Hachel dalam lapangan biologi. Hachel sebagai seorang biologi berpendapat bahwa perkembangan jsmani individu itu merupakan ulangan dari pertumbuhan jenisnya.