PENGERTIAN MANAJEMEN BISNIS

PENGERTIAN MANAJEMEN BISNIS

PENGERTIAN MANAJEMEN BISNIS

Berdasarkan etimologis

kata manajemen berasal dari literatur bahasa Prancis Kuno artinya seni melaksanakan dan mengatur. Kemudian, dari definisi secara etimologis ini muncul beberapa pengertian yang dikemukakan para ahli ilmu manajemen. Oleh karena itu, muncul beragam interpretasi manajemen bisnis hingga sekarang.

George R. Terry mengemukakan pendapat bahwa manajemen merupakan sebuah proses khas yang berupa beberapa aktivitas. Aktivitas tersebut diantaranya adalah tindakan perencanaan, pengorganisasian, pergerakkan, dan pengawasan terhadap sumber daya manusia. Agar sasaran yang ditetapkan dapat terwujud.

Sementara itu, Ricky W. Griffin mengatakan definisi manajemen meliputi proses yang dimulai dari perencanaan. Selanjutnya diiringi dengan pengoranisasian, pengkoordinasian, serta pengontrolan terhadap sumber daya. Tujuannya untuk mencapai sasaran dengan efisien dan efektif.

Doktrin dari Griffin tersebut sejalan dengan pemikiran Henry Fayol. Fayol menyebutkan pengertian manajemen terdiri atas lima gagasan atau fungsi utama. Kelima gagasan tersebut adalah merancang, memerintah, melakukan organisir, pengendalian, dan koordinasi. Selain itu, kelima gagasan pokok tersebut tidak dapat dipisahkan dan berkaitan satu sama lain.


Sumber: https://www.inntrance.net/patchwork-apk/