Pengertian Pergaulan Bebas

April 27, 2020 by Tidak ada Komentar

Pengertian Pergaulan Bebas

Pergaulan adalah salah satu kebutuhan hidup dari makhluk manusia sebab manusia adalah makhluk sosial yang dalam kesehariannya membutuhkan orang lain, dan hubungan antar manusia dibina melalui suatu pergaulan (interpersonal relationship). Pergaulan juga adalah HAM setiap individu dan itu harus dibebaskan, sehingga setiap manusia tidak boleh dibatasi dalam pergaulan, apalagi dengan melakukan diskriminasi, sebab hal itu melanggar HAM.

Pengertian Pergaulan Bebas

Jadi pergaulan antar manusia harusnya bebas, tetapi tetap mematuhi norma hukum, norma agama, norma budaya, serta norma bermasyarakat. Jadi, kalau secara medis kalau pergaulan bebas namun teratur atau terbatasi aturan-aturan dan norma-norma hidup manusia tentunya tidak akan menimbulkan dampak-dampak seperti yang terjadi dewasa ini. Pergaulan bebas juga dapat didefinisikan sebagai melencengnya pergaulan seseorang dari pergaulan yang benar , pergaulan bebas diidentikan sebagai bentuk dari pergaulan luar batas atau bisa juga disebut pergaulan liar yang tentunya melanggar norma yang berlaku di masyarakat.

  1. Faktor Penyebab Pergaulan Bebas

Ada beberapa faktor-faktor penyebab terjadinya pergaulan bebas di kalangan remaja saat ini, diantaranya :

  1. Faktor Orang Tua Para orang tua perlu menyadari bahwa jaman telah berubah. Budaya yang hidup pada kaum muda masa kini, sangat jauh berbeda dengan jaman para orang tua masih remaja dulu. System komunikasi, pengaruh media masa, kebebasan pergaulan dan modernisasi di berbagai bidang dengan cepat memepengaruhi pola pikir dan perilaku anak-anak kita. Pengaruh pergaulan yang datang dari orang tua dalam era modern seperti saat ini, dapat kita sebutkan diantaranya:

–          Kesenjangan pada sebagian masyarakat kita masih terdapat anak-anak yang merasa bahwa orang tua mereka ketinggalan jaman dalam urusan orang muda. Anak-anak muda cenderung meninggalkan dan merasa acuh tak acuh terhadap orang tua mereka, termasuk dalam menentukan bagaimana mereka akan bergaul. Sementara orang tua tidak menyadari kesenjangan ini sehingga tidak ada usaha mengatasinya.

–          Orang tua yang kurang perduli terhadap pergaulan remaja jaman sekarang. Mereka cenderung menganggap bahwa masalah pergaulan adalah urusan anak-anak muda, nanti orang tua akan campur tangan ketika telah terjadi sesuatu masalah dalam pergaulaun mereka. Padahal ketika sesuatu itu telah terjadi, maka segala sesuatunya bisa dikatakan sudah terlambat.

sumber :

Game of Thrones 1.56 Full APK + DATA