Pengertian Puisi

Pengertian Puisi

Pengertian Puisi

Pengertian Puisi
Pengertian Puisi

 

Pengertian Puisi

Pengertian Puisi. Biasanya puisi berisi sesuatu pesan, kritikan bahkan perasaan cinta… yang terdiri dari rangkaian kata-kata yang indah… berikut adalah beberapa pengertian tentang puisi.
Secara etimologis istilah puisi berasal dari kata bahasa Yunani poites , yang artinya pembangun, pembentuk, pembuat. Dalam bahasa Latin dari kata poeta , yang artinya membangun, menyebabkan, menimbulkan, menyair.

Seperti dikutip dari wikipedia. Puisi adalah

merupakan seni tertulis di mana bahasa digunakan untuk kualitas estetiknya untuk tambahan, atau selain arti semantiknya. Beberapa orang mengartikan puisi bukan sebagai jenis literatur tapi sebagai perwujudan imajinasi manusia, yang menjadi sumber segala kreativitas. Selain itu puisi juga merupakan curahan isi hati seseorang yang membawa orang lain ke dalam keadaan hatinya. Jika anda memperhatikan puisi biasanya ada yang hanya berisi satu kata/suku kata yang terus diulang-ulang. Dalam penulisan puisi seorang penulis biasanya menyisipkan majas yang membuat puisi itu semakin indah. Akan tetapi tahu kah anda bahwa Di beberapa daerah di Indonesia puisi juga sering dinyanyikan dalam bentuk pantun.

Menurut Lescelles Abercrombie mengatakan bahwa puisi adalah

ekspresi dari pengalaman imajinatif, yang hanya bernilai serta berlaku dalam ucapan atau pernyataan yang bersifat kemasyarakatan yang diutarakan dengan bahasa yang mempergunakan setiap rencana yang matang serta bermanfaat.

Menurut Kamus Istilah Sastra puisi adalah

merupakan ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan bait.
Menurut Percy Byssche Shelly puisi adalah merupakan rekaman dari saat – saat yang paling baik dan paling senang dari pikiran – pikiran yang paling senang.

Menurut Putu Arya Tirtawirya puisi adalah

merupakan ungkapan secara implisit, samar dengan makna yang tersirat di mana kata-katanya condong pada makna konotatif.
Menurut Ralph Waldo Emerson puisi adalah mengajarkan sebanyak mungkin dengan kata-kata sesedikit mungkin.
Menurut William Wordsworth puisi adalah merupakan peluapan yang spontan dari perasaan-perasaan yang penuh daya, memperoleh asalnya dari emosi atau rasa yang dikumpulkan kembali dalam kedamaian.
Menurut Watt Dunton puisi adalah merupakan ekpresi yang kongkret dan yang bersifat artistik dari pikiran manusia dalam bahasa emosional dan berirama.
Untuk lebih memahami apa yang dimaksud dengan Transmigrasi. Berikut adalah pengertian Transmigrasi.

Transmigrasi adalah salah satu program yang dibuat oleh pemerintah Indonesia untuk memindahkan penduduk dari suatu daerah yang padat penduduk (kota) ke daerah lain (desa) di dalam wilayah Indonesia. Penduduk yang melakukan transmigrasi disebut transmigran.

Atau Juga Dapat dikatakan Bahwa Transmigrasi adalah merupakan perpindahan penduduk yang memiliki tujuan dalam transmigrasi yang dilakukan, sebab pengertian transmigrasi adalah perpindahan penduduk dari suatu daerah yang padat ke daerah yang kurang padat tetapi masih dalam lingkungan satu negara.

Dengan adanya Program Transmigrasi maka dapat menciptakan solusi dalam rangka membuka selebar-lebarnya akses keluarga miskin terhadap pekerjaan atau usaha mandiri dengan  penghasilan yang layak. yang nantinya setiap keluarga transmigran akan mendapatkan jatah lahan untuk digarap, rumah tinggal sederhana, sarana dan peralatan secukupnya, penyuluhan, dan biaya hidup.

Program transmigrasi menjadi solusi bagi Pemerintah Daerah untuk membangun kawasan yang sulit berkembang, dengan mendatangkan transmigran yang memiliki skill dan pengalaman untuk mengolah potensi sumberdaya yang ada untuk membangun dan mengembangkan kawasan tersebut menjadi kawasan ekonomi yang produktif, maju dan sejahtera,” jelas dia.

Transmigrasi dapat mengatasi masalah kemiskinan dengan memberikan lahan dan kesempatan baru bagi para masyarakat miskin. Dengan adanya Transmigrasi secara tidak langsung akan menguntungkan Indonesia dalam meningkatkan pemanfaatan sumber daya alam di pulau-pulau yang kurang padat penduduk.

Selain mengatasi kemiskinan transmigrasi dapat menyatukan seluruh bangsa dengan menciptakan identitas nasional Indonesia yang tunggal yang menggantikan identitas daerah. Pemerintah Indonesia secara resmi menyatakan bahwa tidak ada pemisahan “suku pribumi” dan pendatang di Indonesia, karena Indonesia adalah negara “suku pribumi yang dijalankan dan dipimpin oleh pribumi untuk pribumi”.

Berikut adalah Tujuan Transmigrasi

  1. Dapat Menyatukan Seluruh Bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai suku bangsa.
  2. Membuka daerah dari yang padat ke yang kurang penduduknya dan meningkatkan potensi ekonomi daerah itu
  3. Memperkuat pertahanan dan keamanan nasional.
  4. Meningkatkan produksi hasil pertanian dengan cara memperluas lahan pertanian
  5. Meningkatkan taraf hidup rakyat
  6. Secara sosial budaya meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa
  7. Memeratakan persebaran penduduk.