PERBEDAAN PERENCANAAN DAN DESAIN PEMBELAJARAN

PERBEDAAN PERENCANAAN DAN DESAIN PEMBELAJARAN

Perencanaan pembelajaran (Lesson Plans) berbeda dengan desain pembelajaran (Intructional design), namun keduanya memiliki hubunga yang sangat erat sebagai program pembelajaran. Perencanaan pembelajaran disusun untuk kebutuhan guru dalam melaksanakan tugas mengajarnya. Dengan demikian, perencanaan merupakan kegiatan menerjemahkan kurikulum sekolah kedalam kegiatan pembelajran didalam kelas. Perencanaan program pembelajaran dapat berupa perencanaan untuk kegiatan sehari-hari, kegiatan mingguan, bahkan rancangan kegiatan untuk tahunan sesuai dengan tujuan kurikulum yang hendak dicapai.[10]

Walaupun perencanaan berkaitan dengan desain pembelajaran, keduanya memiliki posisi yang berbeda. Perencanaan lebih menekankan pada proses pengembanagan dan penerjemahan suatu kurikulum sekolah, sedangkan desain menekankan pada proses merancang program pembelajaran untuk membantu proses belajar siswa, seperti yang dikemukakan Zook bahwa desain intruksional adalah a systematic thinking process to help learners learn.

 Dengan demikian, pertimbangan dalam menyusun dan mengembangkan sebuah perencanaan pembelajaran adalah kurikulum yang berlaku disebuah lembaga ; sedangkan pertimbangan dalam menyusun dan mengembangkan suatu desain pembelajaran adalah siswa itu sendiri sebagai individu yang akan belajar dan mempelajari bahan pelajaran.

sumber :
https://icanhasmotivation.com/cara-beli-mobil-bekas-online/