Peserta Didik

Peserta Didik

Peserta didik merupakan tiap orang atau sekelompok orang yang menerima pengaruh dari seseorang atau sekelompok orang yang menjalankan kegiatan pendidikan.

Peserta didik dalam strategi pembelajaran hadist adalah kelas II MI Al-Hidayah.

  1. Tujuan

Tujuan merupakan pengikat segala aktivitas guru dan siswa. Oleh sebab itu, tujuan merupakan langkah pertama yang harus dilakukan dalam merancang sebuah program pembelajaran.[5] Selain itu tujuan merupakan dasar yang dijadikan landasan untuk menentukan strategi, materi, media dan evaluasi pembelajaran. Untuk itu, dalam strategi pembelajaran, penentuan tujuan merupakan komponen yang pertama kali harus dipilih oleh seorang guru.

Tujuan strategi pembelajaran hadist antara lain:

1)      Supaya peserta didik dapat memahami hadist tentang hormat kepada kedua orang tua.

2)      Supaya peserta didik dapat menerjemahkan hadist tentang hormat kepada orang tua secara sederhana.

3)      Supaya peserta didik dapat menanamkan pengertian, pemahaman, Hadits dalam perilaku peserta didik sehari-hari kepada orang tua.

4)      Supaya peserta didik dapat membaca hadist tentang hormat kepada orang tua.

5)      Supaya peserta didik dapat menulis hadist tentang hormat kepada orang tua.

  1. Materi

Materi merupakan Bahan ajar atau materi pembelajaran (instructional materials) secara garis besar terdiri dari pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dipelajari siswa dalam rangka mencapai standar kompetensi yang telah ditentukan. Secara terperinci, jenis-jenis materi pembelajaran terdiri dari pengetahuan (fakta, konsep, prinsip, prosedur), keterampilan, dan sikap atau nilai. Ditinjau dari pihak guru, materi pembelajaran itu harus diajarkan atau disampaikan dalam kegiatan pembelajran. Ditinjau dari pihak siswa bahan ajar itu harus dipelajari siswa dalam rangka mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar yang akan dinilai dengan menggunakan instrumen penilaian yang disusun berdasar indikator pencapaian belajar. peserta didik dapat lebih mudah mencerna bahan daipada tanpa bantuan media.

Materi dalam strategi pembelajaran hadist adalah Menerjemahkan hadist tentang hormat kepada orang tua dan Menunjukkan perilaku yang berhubungan dengan hadist tentang hormat kepada orang tua.

  1. Metode

Metode merupakan cara yang digunakan guru, yang dalam menjalankan fungsinya merupakan alat untuk mencapai tujuan pembelajaran.[6] Metode pembelajaran lebuh bersifat prosedural, yaitu berisi tahapan tertentu.

Metode dalam strategi pembelajaran hadist adalah metode ceramah, metode diskusi, dan metode make a match.

  1. Media

baca juga :