Sains dan Kerja Ilmiah

April 20, 2020 by Tidak ada Komentar

Sains dan Kerja Ilmiah

Sains dan Kerja Ilmiah

Sains dan Kerja Ilmiah

Assalamu’alaikum Quantumers,

Berkat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, manusia dapat menciptakan alat-alat dan perlengkapan yang canggih untuk berbagai kegiatan. Akibat dari kemajuan itu memungkinkan manusia dapat melakukan kegiatan dengan lebih efektif, serta tumbuh berbagai industri yang dapat mensejahterakan kehidupan manusia.

Sains dihasilkan dari waktu ke waktu yang mengalami perubahan. Temuan sains sekarang belum tentu benar pada masa yang akan datang, sehingga sains memiliki sifat relatif dalam kebenarannya. Sains adalah kumpulan ilmu yang didasarkan pada fakta hasil penelitian dan metode ilmiah. Teknologi adalah penerapan dan pemanfaatan dari sains. Sains tanpa teknologi tidak dapat dimanfaatkan, dan teknologi tanpa sains tidak akan memberi manfaat.

 

Sains berinti pada metode ilmiah dan penelitian. Penelitian yang ilmiah terdiri dari merumuskan masalah, merumuskan tujuan, menggunakan referensi, menyusun prosedur penelitian, memilih instrumen untuk memperoleh data, mengumpulkan data hasil penelitian, mengolah data dan membuat kesimpulan.

Dengan sains kita harus bisa memiliki sifat ilmiah. Sikap ilmiah dapat membedakan antara fakta dengan opini. Memiliki sikap yang santun dalam mengajukan pertanyaan. Memiliki sikap ingin tahu karena rasa ingin tahu terhadap sesuatu adalah awal metode ilmiah dan penelitian itu sendiri.

Sumber :