SIFAT KOMUNIKASI INTERPERSONAL

SIFAT KOMUNIKASI INTERPERSONAL

SIFAT KOMUNIKASI INTERPERSONAL

Oleh karenanya, pembagian sifat ini terbagi menjadi beberapa poin berikut:

  • KOMUNIKASI INTERPERSONAL MERUPAKAN BENTUK KOMUNIKASI YANG SALING BERGANTUNG SATU SAMA LAIN.

Pada umumnya, komunikasi interpersonal ini terjadi antara dua orang individu atau lebih. Baik dalam sebuah interaksi kecil antara ayah dan anak, ataupun interaksi dalam sebuah kelompok kecil seperti keluarga. Dalam hal itu, komunikasi akan berjalan dengan saling ketergantungan komunikator serta komunikan. Sehingga interaksi akan berjalan dengan efektif apabila kedua poin tersebut dilakukan.

  • KOMUNIKASI INTERPERSONAL SECARA INHEREN BERSIFAT RELASIONAL

Sudah dikatakan bahwa, komunikasi ini merupakan sebuah proses interaksi yang saling bergantung satu sama lain. Tak luput dari hal tersebut, dapat dikatakan bahwa, komunikasi secara interpersonal itu sangat penting dalam menjaga sebuah hubungan antar individu. Oleh karenanya komunikasi interspersonal ini bersifat relasional.

  • KOMUNIKASI INTERPERSONAL BERADA PADA SUATU KESATUAN

Komunikasi interpersonal ini terletak dalam rangkaian suatu kesatuan yang panjang. Dimana kedua hal tersebut membentang dari impersonal ke personal yang lebih tinggi. Sehingga rangkaian ini membentuk suatu siklus yang disebut sebagai tingkat kekerabatan.

  • KOMUNIKASI INTERPERSONAL MELIBATKAN PESAN VERBAL SERTA NON VERBAL

Komunikasi secara interpersonal ini melibatkan pertukaran pesan, baik pesan verbal maupun non verbal. Dalam hal ini, bisa dikatakan bahwa, komunikasi ini harus saling terjadi umpan balik, agar terjadinya komunikasi interpersonal ini semakin efektif. Biasanya umpan balik verbal tersebut disertai dengan petunjuk – petunjuk nonverbal misal mimik wajah, serta gestur tubuh.

  • KOMUNIKASI INTERPERSONAL TEJADI DALAM BERBAGAI BENTUK

Secara perkembangan zaman teori komunikasi juga semakin mengikuti arus berkembangnya suatu teknologi. Dapat dikatakan bahwa, zaman ini adalah peradaban dengan teknologi yang sangat maju. Dimana segala bentuk komunikasi dapat dilakukan melalu media apapun. Seperti contoh melakukan interaksi dengan smartphone melalui jaringan internet.

Dari berbagai sifat tersebut, menjadikan adanya sebuah interaksi yang efektif juga diperlukan beberapa hal diantaranya adalah sifat – sifat dari komunikasi interpersonal yang telah dijelaskan diatas. Dengan begitu, berinteraksi akan semakin mudah dan terampil dalam berbicara.


Baca Juga :