SISTEM EKONOMI SYARIAH

SISTEM EKONOMI SYARIAH

SISTEM EKONOMI SYARIAH

Ekonomi syariah adalah

ilmu pengetahuan sosial yang turut mempelajari masalah-masalah bidang ekonomi rakyat yang dilhami dengan nilai-nilai Islam. Ekonomi syariah ataupun sistem ekonomi koperasi berbeda dengan kapitalisme, sosialisme, ataupun negara kesejahteraan.

Berbeda dari jenis kapitalisme sebab Islam menentang eksploitasi dari pemilik modal terhadap para buruh yang miskin, serta melarang penumpukan suatu kekayaan. Selain itu, ekonomi dari kaca mata Islam merupakan sebuah tuntutan kehidupan sekaligus amanah yang memiliki bagian suatu ibadah.

Ekonomi Syariah Tidak terlalu banyak yang dikemukakan pada Al Qur’an, dan cuma prinsip-prinsip yang mendasar saja. Sebab alasan-alasan yang begitu tepat, Al Qur’an dan Sunnah sudah banyak sekali membahas terkait bagaimana seharusnya seorang kaum Muslim berprilaku.

Misalnya, berperilaku sebagai seorang produsen, konsumen dan juga pemilik modal, tetapi cuma sedikit tentang sebuah sistem ekonomi. Ekonomi dalam Islam mesti mampu memberikan kesempatan dengan seluas-luasnya terhadap setiap pelaku usaha.


Sumber: https://www.friv5flash.org/epic-skater-apk/