Smartphone Pertama Buatan Afrika, Mara X dan Mara Z Dirilis

Smartphone Pertama Buatan Afrika, Mara X dan Mara Z Dirilis

 

Smartphone Pertama Buatan Afrika, Mara X dan Mara Z Dirilis

Smartphone Pertama Buatan Afrika, Mara X dan Mara Z Dirilis

Mara Group, sebuah perusahaan asal Afrika baru saja merilis smartphone pertama yang dibuat di salah satu negara benua tersebut, yaitu Mara X dan Mara Z. Keduanya merupakan smartphone yang dikerjakan langsung di sebuah pabrik yang berlokasi di negara Rwanda, Afrika Timur.

Pabrik yang memiliki teknologi canggih pertama di Afrika ini baru saja diresmikan oleh Presiden Rwanda, Paul

Kagame, pada Senin (7/10/2019) waktu setempat.

Perusahaan Mara Group disebut sedikit berbeda dengan sejumlah pabrikan smartphone lain di Afrika, di mana perusahaan ini membuat dan merakit beberapa komponennya sendiri, termasuk motherboard.

Presiden Kagame memuji peluncuran ini sebagai terobosan lain untuk pembangunan di Rwanda, yang telah menikmati kenaikan pertumbuhan ekonomi dalam beberapa tahun terakhir.

“Smartphone besutan Mara mampu bersaing dengan daftar produk berkualitas tinggi lainnya yang dibuat di negara kita,” kata Presiden Kagame, dikutip dari CNN.

Kagame menggambarkan pabrik smartphone ini sebagai “operasi manufaktur kompleks yang membutuhkan keterampilan dan keahlian teknis yang signifikan. Ini adalah tonggak lain dalam perjalanan kami ke industri ‘Made in Rwanda’ berteknologi tinggi.”

CEO Mara, Ashish Thakkar, mengatakan perangkat itu akan menjawab kebutuhan masyarakat luas dan menciptakan peluang baru.

“Kami menyadari beberapa tahun yang lalu bahwa untuk menciptakan dampak sosial yang positif di benua kami, kami harus memiliki smartphone berkualitas tinggi dan terjangkau. Ini akan memungkinkan inklusi keuangan,” kata Thakkar.

Ia menambahkan, banyak konsumen di negara-negara Afrika dipaksa untuk memilih antara telepon yang

“berkualitas tinggi tetapi tidak terjangkau, atau terjangkau tetapi tidak berkualitas tinggi.”

Thakkar juga menekankan komitmen perusahaannya untuk mendukung pembangunan di Rwanda. Tercatat, 90 persen dari 200 karyawan pabrik adalah orang Rwanda dan 60 persen adalah wanita.

Kedua smartphone yang telah dirilis ini disebut memiliki harga yang relatif murah dengan spesifikasi yang mereka tawarkan.

Mara Z yang dibanderol dengan harga 190 dolar AS ini dibekali chip prosesor Qualcomm Snapdragon 435 dengan RAM 3GB dan kapasitas penyimpanan sebesar 32 GB.

Selain itu, smartphone ini juga memiliki kamera utama dan kamera depan yang beresolusi 13 Megapiksel serta layar berukuran 5,7 inci dengan resolusi HD 720p.

Sementara untuk tipe Mara X, perusahaan menawarkannya sebagai versi yang lebih murah. Mara Group

membanderol smartphone ini dengan harga 130 dolar AS tentunya dengan sejumlah fitur yang dipangkas.

Perangkat ini dibekali prosesor MediaTek MT6739 bersama dengan RAM 1 GB dan laya HD 720p berukuran 5,5 inci.

Meski disebut lebih murah dibanding versi Z, Mara X juga memiliki kamera utama dan kamera yang beresolusi 13 dan 5 megapiksel dengan didukung ruang penyimpanan sebesar 16 GB, demikian ditulis Tech Radar.

Sumber:

https://movistarnext.com/paperboy-apk/