SMKN 3 Bandung Berkomitmen Edukasikan Literasi Politik

SMKN 3 Bandung Berkomitmen Edukasikan Literasi Politik

SMKN 3 Bandung Berkomitmen Edukasikan Literasi Politik

 

SMKN 3 Bandung Berkomitmen Edukasikan Literasi Politik

SMKN 3 Bandung

SMKN 3 Bandung berkomitmen mengedukasikan literasi politik kepada siswa. Selain memupuk pengetahuan, literasi politik menjadi penting guna memberi pemahaman kepada pelajar yang sudah memiliki hak suara dalam Pemilu di Indonesia.

“Pelajar yang menjadi pemilih pemula sangat berarti untuk menentukan lima tahun ke depan, jadi perlu pemahaman yang betu-betul kepada anak-anak,” ucap Kepala SMKN 3 Bandung, Euis Purnama saat ditemui baru-baru ini.

Euis mengatakan

beberapa pelajar sudah mulai melek tentang isu pemilu, hanya saja belum sampai pada tahap yang komperehensif. “Mereka sudah sadar tentang pemilu. Dengan sifat yang dimiliki pelajar sekarang yang kreatif dan kritis, tentu kita harus imbangi dengan pemahaman literasi politik,” tuturnya.

Dia pun menjelaskan

upaya yang ditempuh untuk mengedukasi literasi politik adalah melalui mata pelajaran ilmu kewarganegaraan, upacara dan pembinaan yang dilakukan sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar. Selain itu, sekolah yang berdiri tahun 1960 tersebut telah melaksanaan talkshow bertajuk Memilih itu juara yang bekerja sama dengan Radio Republik Indonesia (RRI).

Talkshow tersebut menghadirkan Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (Kabid PSMK)

Dodin Rusmin Nuryadin, Direktur Program dan Produksi Siaran RRI Pusat, Agus Sukoyo, dan Euis Purnama sebagai narasumber. Talkshow tersebut dihadiri oleh kurang lebih 250 siswa dari empat sekolah, yakni SMKN 3 Bandung, SMKN 4 Bandung, SMKN 8 Bandung, dan SMAN 8 Bandung.

Euis pun berharap agar pelajar mampu memilih kanditat sesuai dengan kompetensi visi, misi dan program kerja yang akan dilaksanakan. “Sebagai pendidik, saya berharap kepada anak bangsa untuk menggunakan hal pilihnya dengan benar, harus cermat dalam memilih saat pemilu,” pungkasnya.

 

Sumber: https://pengajar.co.id/