Tahun Ini BPJS Siapkan Manfaat Total

Tahun Ini BPJS Siapkan Manfaat Total

Tahun Ini BPJS Siapkan Manfaat Total

Tahun Ini BPJS Siapkan Manfaat Total
Tahun Ini BPJS Siapkan Manfaat Total

BANDUNG-BPJS Ketenagakerjaan mulai tahun ini akan mulai

mengembangkan konsep total benefit yaitu berbagai manfaat tambahan untuk pekerja peserta BPJS Ketenagakerjaan. Manfaat itu terdiri dari housing benefits, financial benefits, transportation benefits, food benefits, dan health benefits. Untuk pilot project, total benefit akan dilaksanakan di Cikarang, Jawa Barat.

“Berbagai manfaat tambahan (di luar klaim) tersebut, diberikan secara terintegrasi.

Dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan tenaga kerja peserta BPJS Ketenagakerjaan beserta kelauarganya. Sekaligus membantu badan/unit usaha yang mempunyai keterkaitan langsung dengan peningkatan kesejahteraan peserta,” ujar Chief Change Manajemen Office BPJS Ketenagakerjaan Teguh Purwanto di Bandung.

Teguh menjelaskan, total benefit tersebut akan diramu dalam housing benefits sebagai dasarnya. Bekerjasama dengan bank, pengembang, dan pihak terkait lainnya, BPJS Ketenagakerjaan akan membangun berbagai perumahan untuk para peserta. Untuk mendapatkan rumah tersebut peserta akan mendapat bantuan berupa Pinjaman Uang Muka Perumahan Kerjasama Bank (PUMP-KB) dan Kredit Perumahan Rakyat (KPR).

Selain itu, untuk memperingan cicilannya perumahan tersebut

, akan dimasukan dalam skema fasilitas likuiditas pembiayaan perumaham (FLPP) untuk mendapatkan subsidi selisih bunga dari Pemerintah. Di luar itu, dengan aturan asuransi yang baru baru nanti, berkemungkinan juga mengambil sebagian dari Jaminan Hari Tua (JHT).

“Jika sudah memliki JHT selama 10 tahun, nantinya bisa diambil maksimal 30%. Jadi bisa untuk menambah uang muka rumah, sehingga bisa memperkecil cicilan atau memperpendek masa cicilannya (tenor kreditnya),” katanya.jo

 

Baca Juga :