Tips Agar Powerbank Lebih Tahan Lama digunakan

Tips Agar Powerbank Lebih Tahan Lama digunakan

Tips Agar Powerbank Lebih Tahan Lama digunakan

Tips Agar Powerbank Lebih Tahan Lama digunakan
Tips Agar Powerbank Lebih Tahan Lama digunakan

Powerbank, hampir sebagin besar pengguna smartphone atau tablet, memiliki perangkat yang satu ini. Ya, powerbank kini menjadi perangkat yang tidak bisa dipisahkan dari penggunaan smartphone/tablet. Perangkat penyuplai daya portable ini memang bermanfaat, terutama ketika saat mendesak. Yaitu ketika gadget yang Anda miliki kehabisan daya baterai, dan di sisi lain Anda tak dapat melakukan pengecasan sebagaimana mestinya. Misalnya ketika sedang berada di jalan atau berada di lokasi di mana colokan listrik tidak ada.

Mengingat fungsinya yang cukup penting, sepatutnya pengguna bisa menjaga kondisi Powerbank agar awet. Karena terkadang Powerbank digunakan dengan cara ‘sembarangan’. Berikut beberapa tips berikut agar powerbank yang Anda miliki dapat bekerja dengan baik dan lebih awet :

Pakailah Powerbank Ketika Dibutuhkan Saja

Seperti diuraikan di atas, powerbank memiliki manfaat berarti ketika daya baterai gadget Anda lemah, sementara colokan listrik sulit untuk ditemui. Pada saat mendesak inilah pilihan jatuh untuk memanfaatkan powerbank yang Anda bawa untuk mengecas baterai gadget Anda. Jadi, jika masih mungkin ditemui colokan listrik, tentu akan lebih baik bagi Anda untuk tidak menggunakan powerbank untuk mengisi daya baterai gadget Anda. Bukan apa-apa, jika terlalu sering digunakan kemampuan powerbank pun bisa berkurang.

Hindari Powerbank Anda dari Suhu Ekstrim

Menyimpan powerbank sebaiknya pada tempat yang tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Hal itu lantaran kondisi suhu ruangan yang tidak tepat dapat membuat powerbank Anda mudah rusak. Jika dimungkinkan maka simpanlah powerbank Anda pada tempat yang sesuai, dengan kondisi suhu lingkungan yang tak terlalu ekstrim baik panas maupun dingin.

Selain itu, hindari pula powerbank dari paparan sinar matahari secara langsung, karena hal tersebub akan mengakibatkan komponen pada powerbank mudah rusak. Jika rusak, mau tidak mau Anda pun harus membelinya kembali, dan itu berarti Anda harus mengeluarkan biaya untuk itu.

Perhatikan Kapasitas Powerbank

Agar dapat memenuhi kebutuhan Anda, sebaiknya ketika membeli powerbank pilihlah yang memiliki kapasitas lebih besar dari beterai smartphone atau tablet Anda. Akan lebih baik lagi, jika powerbank yang Anda pilihh memiliki kapasitas minimal dua kali dari kapasitas gadget Anda. Jadi, misalkan Anda memiliki smartphone dengan baterai 2000 mAh, maka powerbank yang sebaiknya Anda beli adalah yang minimal memiliki kapasitas 4000 mAh.

Selalu Isi Penuh Powerbank Ada Ketika Dicas

Sebagai perangkat yang berguna sebagai penyuplai daya cadangan, powerbank sebaiknya dalam kondisi siaga, dalam arti di dalamnya tersimpan daya listrik yang optimal ketika akan digunakan nanti.

Untuk dapat digunakan secara optimal, pastikan jika Anda telah mengisi daya baterai pada powerbank Anda dengan penuh. Memang sih, semakin besar kapasitas baterainya, maka pengisian daya powerbank biasanya juga akan semakin lama. Jadi, aturlah waktu kapan sebaiknya Anda melakukan pengecasan powerbank agar pengisian dayanya bisa sampai penuh.

Hindari Powerbank dari Benturan Keras atau Terjatuh

Lantaran tidak didesain sebagai perangkat yang anti banting, powerbank pun rentan rusak hanya karena terbentur dengan keras atau terjatuh. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk dapat menjaga sedemikian rupa agar powerbank yang Anda miliki tidak terjatuh atau terkena benturan keras yang hal tersebut bisa saja sangat merugikan.

Untuk menghindari terjadinya benturan atau jatuhnya powerbank yang kita miliki, sebaiknya tempatkan powerbank pada wadah yang aman. Berhati-hati ketika membawa powerbank juga bisa menghindarinya dari kejatuhan.

Jika Tidak Mendesak, Abaikan Fitur Lain yang Kurang Berguna

Banyak powerbank yang datang membawa fitur tambahan, salah satunya adalah senter. Fitur ini ada baiknya Anda manfaatkan dalam keadaan mendesak saja, seperti dalam keadaan mati listrik, misalnya.

Gunakan Kabel Data Bawaan Milik Gadget Anda

Ketika Anda membeli sebuah powerbank, biasanya dalam paket penjualan bakal disertai sejumlah kabel data atau konektor yang bisa Anda gunakan untuk disambungkan ke gadget yang Anda. Meski sejatinya kabel bawaan powerbank bisa digunakan sebagai konektor untuk mentransfer daya listrik ke gadget, ada baiknya jika Anda memilih untuk menggunakan kabel bawaan gadget yang Anda punya. Hal itu karena bisa saja kabel bawaan powerbank tidak sesuai jika digunakan untuk mengecas baterai gadget yang Anda miliki. Ketidakcocokan tersebut bisa saja berimbas pada proses pengisian daya baterai yang menjadi lebih lama. Atau yang lebih buruk, akibat ketidakcocokan bisa juga berimbas pada rusaknya baterai gadget Anda.

Sumber: https://www.galerinfo.com/