Tips Perawatan Ikan Manfish

Tips Perawatan Ikan Manfish

Tips Perawatan Ikan Manfish

Tips Perawatan Ikan Manfish
Tips Perawatan Ikan Manfish

Apakah Anda membutuhkan tips-tips perawatan ikan manfish? Ikan manfish atau ikan angelfish ialah ikan endemik yang berasal dari sungai Amazon, Amerika Selatan. Ikan ini termasuk anggota dari suku Cichlidae. Tidak sedikit para penghobi yang memelihara ikan ini sebab tertarik dengan kemolekannya.

Perawatan Ikan Indukan

Ikan manfish yang telah memiliki usia minimal 7 bulan dengan panjang kira-kira 7,5 cm mampu dijadikan sebagai ikan indukan. Agar mampu melaksanakan proses pemijahan dengan baik, indukan ikan manfish ini harus dirawat secara optimal.

Pakan yang bagus untuk mendukung pertumbuhannya yaitu jentik nyamuk, cacing tubifex, dan chironomous. Ikan indukan juga perlu diberikan obat oxytetraycline dan garam secara periodik untuk meningkatkan daya tahannya.

Sebelum proses pemijahan dimulai, ikan manfish jantan dan betina dipelihara di dalam akuarium yang sama. Ukuran akuarium yang biasa dipakai yaitu 100 x 60 x 60 cm.

hiu megalodon – Setelah masing-masing dari ikan ini mencapai tingkat kematangan gonad, mereka secara alami akan mencari pasangannya sendiri.

Kaprikornus pada tahap ini, Anda harus jeli dalam memperhatikan tingkah laku ikan manfish. Setiap pasangan ikan manfish lantas dipindahkan ke akuarium tersendiri yang khusus dipakai untuk keperluan pemijahan.

Perawatan Selama Pemijahan

Akuarium pemijahan memiliki ukuran 60 x 50 x 40 cm. Akuarium ini diisi dengan air hingga ketinggiannya mencapai 30 m. Jangan lupa memasang alat aerator dan filtrasi untuk menjaga kualitas air di dalamnya. Pasang pula materi pelapis di dinding akuarium untuk membuat suasana di dalamnya menjadi gelap.

Ikan manfish cenderung menyukai substrat yang halus sebagai daerah menaruh telurnya. Selama masa pemijahan ini berlangsung, ikan manfish mampu diberi makanan berupa daphnia atau cacing tubifex.

Proses pemijahan biasanya akan berlangsung pada malam hari. Ikan betina akan menempelkan telur-telurnya ke permukaan substrat. Seekor ikan manfish betina mampu menghasilkan telur hingga mencapai 80-100 butir. Berikutnya ikan jantan akan mengeluarkan sel spermanya yang berfungsi untuk membuahi telur.