Trik menanam ubi jalar dipekarangan rumah

Trik menanam ubi jalar dipekarangan rumah

Trik menanam ubi jalar dipekarangan rumah

Trik menanam ubi jalar dipekarangan rumah
Trik menanam ubi jalar dipekarangan rumah

Penanaman ubijalar sering menemui kendala ketika kita belum berpengalamn, hal ini dikarenakan sering berpengaruh dengan buahnya kelak. Penanaman ubi jalan cukup sederhanab ketika kita sudah terbiasa menanamnya, karena tanaman ubi jalar yang daunya lebat belum tentu isinya lebat.tanaman ubi jalar sangat cocok dengan tanah yang gembur, karena tanaman ini mempunyai akar banyak yang menjalar didalam tanah.

Dalam penanaman ubi jalar ada beberapa langkah awal yang harus kita siapkan ;

Tanah Sebagai Media Tanam

Tanah yang nantinya kita pakai sebagai media, mesti kita bersihkan lebih awal kemudian kitaa ratakan dengan pacul, terus digemburkan dengan pacul sambil dicampur dengan pupuk kandang dan sekang padi yang habis terbakar. Jika tanah sudah kelihatan bersih dari rumput kemudian kita membuat gundukan secara berbaris lurus dan gundukan ini dibiarkan kosong beberapa hari, bibit yang kita ambil atau disiapkan tidak mesti melaui petsemaian, langsung kita ambil potongan batang sekitar 60 cm.

Pemilihan Bibit

pemilihan bibit yaitu kita ambil batang yang kelihatan lebih tua dan besar agar kelak bahus dalam pembuahan, gundukan tanah yang tingginya sekitar 30 cm dilubangi memanjang mengikuti model gundukan tanah, kemudian pangkal batang yang mau ditanam dilipat mengikuti model angka 8 lalu ditanam ditanah dan jangan lupa pucuk batang dipotong,

Baca Juga: https://berkebun.co.id/budidaya-jamur-tiram/

Umbi tanaman ubi jalar

Buah tanaman ubi jalar besa dakecilnya atau banyak sedikitnya sangat dipengaruhi oleh tingkat kegemburan tanah dan cara penanaman,mengenai serangan hama ubijalar sangat sedikit serangan hamanya, masa panen ubijalar terhitung dari awal tanam sampai musim buah yaitu berumur kurang lebih 3 bulan.

Umbi ubi jalar cuup bagus dalam beberapa penganan makanan atau cmilan, kebanyakan ibu – ibu rumah tangga memakai ubijalar sebagai bahan baku kue – kuean. Jenis umbi – umbian yang satu ini juga cukup laris dipasaran dikarenakan sangat umum dikonsumsi masyarakat pribumi, namun kendala utama dalam penanaman karena jenis tanaman ini hanya ditanam dengan orang yang terbiasa, karena kalau ditanam dengan orang yang belum paham dengan siklus pertumbuhan ubi jalar maka sering pulah tumbuh tapi tidak punya umbi dalam tanah.