Tujuan dan Manfaat KKL

Tujuan dan Manfaat KKL

Tujuan secara umum adalah Kuliah Kerja Lapangan ini diharapkan dapat memperluas wawasan mahasiswa dan memberikan pengalaman nyata kepada Mahasiswa serta memperdalam kembali mengenai ilmu yang diperoleh secara teori oleh Mahasiswa selama di bangku kuliah. Selain itu KKL juga diharapkan dapat menjalin koneksi yang lebih erat antara Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang dengan instansi yang terkait dalam KKL terutama sebagai rujukan utama dalam pendalaman ilmu dan kerjasama di bidang lainnya.

Secara spesifik, pelaksanaan KKL setiap jurusan di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dimaksudkan untuk:

  1. Memberikan gambaran secara langsung tentang praktek oerasional suatu institusi/perusahaan perbankan.
  2. Memperkaya wawasan yag berkaitan langsung dengan prodi masing-maing dalam rangka meningkatkan kemampuan dan keahlian para mahasiswa.
  3. Membeikan pengetahuan secara langsung tentang sejarah institusi/perusahaan, masalah serta solusi yang mereka lakukan.
  4. Memberikan pengalaman kepada mahasiswa praktik pengelolaan kelembagaan sesuai  program studi masing-masing yang diikuti.

Fungsi dari KKL seperti di atas adalah sebagaimana tercantum dalam pola dasar KKL yaitu:

  1. Penerapan yang terntegrasi antara teori yang diperoleh dibangku kuliah dengan pengalaman praktis yang didapat di lapangan.
  2. Mengetahui secara langsung profil perusahaan, fisik bangunan, serta mekanisme kerja perusahaan baik dari sisi manajemen operasional, SDM, keuangan, dan pemasaran.
  3. Mengembangkan daya keilmuan mahasiswa di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam sesuai disiplin ilmu yang digeluti di setiap jurusan.

sumber :
https://www.malinoputra.co.id/forsaken-souls-i-apk/